Selasa, 23 Juni 2015

Salah Satu Contoh RPP Untuk Mengikuti Ujian Microteaching

Salah Satu Contoh RPP Untuk Mengikuti Ujian Microteaching

                                    ]RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                               
                                             Nama Sekolah          :     .....................................
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas / Program        :    XI (Sebelas) / IPA
                                             Semester                   :     Genap
         Alokasi Waktu         :     1 x 15 menit
                                            

Standar Kompetensi             : 5.      Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu                                                                                                                              fungsi.
Kompetensi Dasar                 : 5.2    Menentukan invers suatu fungsi.
Indikator                                : Menentukan rumus fungsi invers dari suatu fungsi

A.Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat menjelaskan syarat agar suatu fungsi mempunyai invers
o   Siswa dapat menentukan fungsi invers dari suatu fungsi invers
B.Materi ajar
o   Pengertian Invers Fungsi
o   Menentukan rumus fungsi invers
c.Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab dan penugasan
D.Langkah-Langkah Kegiatan

Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
*      Guru memberi salam dan siswa merespon salam dari guru.
*      Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran menurut kepercayaan masing-masing.
*      Guru mengecek kehadiran siswa.
*      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan berkenaan dengan materi menentukan fungsi invers dari suatu fungsi invers
2 menit
Apersepsi
*      Mengingat kembali materi mengenai sifat khusus yang mungkin dimiliki suatu fungsi.



2 menit




Motivasi
*      Guru menyampaikan manfaat dari materi yang akan dipelajari untuk materi selanjutnya.
1 menit
Inti
Eksplorasi
*      Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai syarat agar suatu fungsi memiliki fungsi invers dan cara menentukan fungsi invers dari suatu fungsi invers, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
*      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan pengertian invers suatu fungsi, kondisi agar suatu fungsi mempunyai invers, dan cara menentukan rumus fungsi invers dari suatu fungsi.

3 menit
Elaborasi

*      Guru memberikan LKS
*      Siswa bekerjasama dalam 1 kelompok untuk menyelesaikan setiap soal-soal pada LKS.
*      Salah satu siswa dari kelompok masing-masing menjelaskan hasil diskusi tentang soal-soal pada LKS.
 4 menit
Konfirmasi
*      Guru bersama siswa memeriksa hasil kerja dari kelompok masing-masing.
 1 menit
Penutup
*      Peserta didik bersama guru membuat rangkuman /kesimpulan dari materi mengenai pengertian invers suatu fungsi, kondisi agar suatu fungsi mempunyai invers, dan cara menentukan rumus fungsi invers dari suatu fungsi.
*      Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
*      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pengertian invers suatu fungsi, agar suatu fungsi mempunyai invers, dan cara menentukan rumus fungsi invers dari suatu fungsi dari soal-soal Aktivitas Kelas yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain .
2 menit



E.Alat dan Sumber Belajar
o   Sumber   : Buku paket, yaitu buku Matematika SMA Bumi Aksara Kelas XI    Program Ilmu Pengetahuan, karangan Slamet Waluyo, dkk, hal. 215-217.
o   Laptop ,LCD , OHP

               F. Penilaian         
               Teknik                   : tugas individu
               Bentuk Instrumen    :     uraian singkat.
Contoh Instrumen :
1.Diberikan  ={(1,2),(2,3),(3,2) }.Invers dari fungsi adalah....
2.Diketahui , tentukan fungsi inversnya!


                                                                                   
    Mengetahui,                                                           Guru Mata Pelajaran Matematika
    Kepala Sekolah



   _______________________                                  _______________________
   NIP/NIK.                                                                NIP/NIK.


12 komentar:

  1. Cuma ada metode pembelajarannya aja y buk,,,

    modelnya gmna??

    BalasHapus
  2. Cuma ada metode pembelajarannya aja y buk,,,

    modelnya gmna??

    BalasHapus
  3. Ceramah atau langsung metode konvensional nak...

    BalasHapus
  4. Langkah langkah kegiatan nya sederhana ya

    BalasHapus
  5. Iya sederhana..soalny disesuaikan dngan alokasi waktuny cma 15 menit...ini kan rpp untuk ujian saja...

    BalasHapus
  6. Iy jd bsa d sederhanakan yg trpnting materi ttp trsampaikan dngn baik...bagus sekali, smg bsa brmanfaat...

    BalasHapus
  7. di tambah contoh lainnya dong mbak :D
    kunjungi blog ku yah mbak ^_^

    BalasHapus
  8. Iya dek...iy mbg udh kok k blog adx...

    BalasHapus
  9. Saran sja lbh bgus klo ad cntoh soal Jg di RPP nya dn Penilaian

    BalasHapus
  10. Kalau contoh sudah ada cuma penilaianny yg blum..baiklah terimakasih saranny buk feby...

    BalasHapus